Sabtu, 24 November 2012



manfaat blog

Menurut Drs spesialis pendidikan. Fernette dan Brock Eide, penggunaan blog dalam pengaturan pendidikan menghasilkan beberapa manfaat. Manfaat ini termasuk promosi berpikir kritis dan analitis, peningkatan akses dan paparan konten berkualitas dan kombinasi interaksi soliter dan sosial dengan teman sebaya. Manfaat pendidikan blogging juga dapat meluas ke aspek administrasi dan pengajaran tentang bagaimana kelas beroperasi.
Antara lain manfat blog adalah ;
  •   Kritis dan Berpikir Analitis
Peter Duffy, Officer Development Pendidikan di The Hong Kong Polytechnic University, dan Dr Axel Bruns, Media dan Komunikasi, Creative Industries dosen di Queensland University of Technology, menunjukkan bahwa siswa dapat memperoleh manfaat dari struktur blog dengan beberapa cara. Sebuah blog memberikan siswa dengan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan pemanfaatan prinsip-prinsip bahasa dan tulisan yang menunjukkan pemikiran analitis dan pemahaman. Blog juga memberikan siswa sebuah platform dari mana risiko kreatif dapat diambil, Duffy dan Bruns katakan. Sebagai siswa diberi tugas menulis untuk posting blog, mereka akan mempelajari manfaat dari komitmen, penjadwalan dan perencanaan karena mereka berusaha untuk memenuhi tenggat waktu dan tetap pada topik.
  •   Peningkatan Paparan Kualitas Konten
Sebagai siswa menerapkan berbagai keterampilan belajar dalam kelas untuk menulis blog, kemungkinan bahwa mereka akan menghadapi kenaikan bahan ilmiah, mengatakan Eides. Ketika diberi topik untuk menulis tentang, seorang siswa cenderung mencari data yang mendukung sudut pandangnya. Dia mungkin menemukan konten dari berbagai sumber dan, melalui trial and error, akan mempelajari perbedaan antara sumber otoritatif dan non-otoritatif. Blogging adalah alat pendidikan yang efektif dan dapat digunakan sebagai bagian dari persyaratan kursus atau sebagai usaha kredit tambahan. Either way, blog harus relevan dengan materi yang dibahas di kelas.
  •   Solitary dan Sosial Interaksi
Blog, Duffy dan Bruns mengatakan, biasanya dianggap sebagai sedikit lebih dari sebuah papan pesan internet. Para pendidik berpendapat, bagaimanapun, bahwa tidak seperti papan pesan, blog memberikan penciptanya ruang dominan untuk mengekspresikan pandangan pribadi, sementara papan pesan tidak. Papan pesan menyoroti pemikiran kelompok ini lebih dari yang mereka lakukan pikiran diungkapkan secara individual. Sederhananya, blog menyediakan panggung bagi seorang penulis tunggal, sementara papan pesan menyediakan panggung untuk sekelompok individu. Sifat ini membuat blogging senilai lebih pendidikan, Duffy dan Bruns katakan.
  •   Pengajaran dan Manfaat Administrasi
Duffy dan Bruns mengatakan bahwa manfaat blogging siswa dengan memberikan dukungan tambahan untuk urusan administrasi kelas. Misalnya, di samping korespondensi tertulis resmi antara guru, siswa dan orang tua, blog dapat berfungsi sebagai lokasi pusat yang berisi materi yang relevan untuk kelas, seperti kalender peristiwa, rekap tugas dan silabus saja. Dengan kemampuannya untuk mendukung foto digital dan video, blog juga bisa menjadi tempat berkumpul bagi siswa untuk melihat gambar dan video dari kegiatan kelas, seperti kunjungan lapangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar